Indonesia gagal juara hassanal bolkiah trophy 2012

BANDAR SERI BEGAWAN: Timnas U-21 Indonesia gagal meraih ambisinya untuk menjuarai Piala Sultan Hassanal Bolkiah 2012 setelah kalah 0-2 dari Timnas Brunei Darussalam pada partai final di National Hassanal Bolkiah Stadium, Jumat malam 9 Maret 2012.

Dua gol tim tuan rumah dilesakkan M. Aminuddin tiga menit usai turun minum, serta gol tambahan Adi bin Said sekitar 15 menit menjelang pertandingan usai. Dua gol tersebut murni kesalahan pemain belakang yang sejatinya tidak perlu terjadi.

Timnas Indonesia yang diperkuat Andik Vermansyah, secara keseluruhan lebih menguasai jalannya pertandingan. Namun, pemain Brunei lebih disiplin menjaga lini pertahanan mereka hingga sulit dibongkar bomber muda Indonesia.

Selain itu, anak asuhan pelatih Widodo C. Putro ini, tampak kurang percaya diri melakukan tembakan-tembakan jarak jauh. Hal itu diakui mantan pemain Timnas Indonesia, Johannes Auri. Menurutnya, sepanjang 90 menit Indonesia hanya melepas sekitar empat tembakan, dan mereka tidak memaksimalkan krosing dari lini sayap.

Mengenai gol ke gawang Garuda Muda, Johannes yang merupakan mantan bek Timnas Indonesia era 60-an, secara khusus menyorotinya. Menurut dia, gol pertama murni kesalahan bek karena berupaya membuang bola dengan tandukan padahal bola hanya setinggi pinggang.

Demikian juga gol kedua, sejatinya tidak perlu terjadi. Pemain belakang harus cepat menyapu bola dari kaki penyerang Brunei. Akibatnya, dua gol bersarang ke gawang Indonesia. Akibat gol itu sangat terlihat mempengaruhi mental dan stamina pemain Garuda Muda.

Wakil Ketua Umum PSSI, Farid Rahman, usai menggelar nonton bareng pertandingan Timnas Indonesia-Brunei melalui layar lebar di halaman kantor PSSI, mengatakan, Garuda Muda merupakan cikal bakal pemain Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2013 Mynamar. Sebagai tim yang disiapkan dalam waktu relatif pendek, mereka tentu memiliki prospek bagus untuk tim SEA Games.

Namun, dalam beberapa hari kedepan tim akan dievaluasi oleh tim kepelatihan, seperti Liestiadi maupun Widodo C. Putro. “Kita akan evaluasi tim ini karena mereka cikal bakal tim SEA Games 2013,” kata Farid Rahman.

Timnas Indonesia menembus final Hassanal Bolkiah 2012 setelah menjadi runner-up di Grup A. Andik Vermansyah dkk. maju ke final setelah mengalahkan Timnas Vietam 2-0, dan bertemu Timnas Brunei Darusalam yang mengalahkan Myanmar 3-2 di babak semifinal.

Sayangnya, Garuda Muda yang bermain di depan Sri Sultan Hassanal Bolkiah dan Menpora Andi Mallarangeng yang menyaksikan langsung pertandingan, gagal mempersembahkan gelar bagi Indonesia. Pada turnamen serupa tahun 2002, Indonesia yang diperkuat Samsidar saat itu, meraih gelar juara setelah menundukkan Timnas Thailand 2-0.(Yankis)

About robyarwanto

My Self...

Posted on 10 Maret 2012, in Teknologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: