Inilah Fitur Baru Android Ice Cream Sandwich

Ice Cream Sandwich: BGR

Ice Cream Sandwich: BGR

Jika Apple melenggang dengan iOS 5 terbarunya dan RIM dengan platform BBX, Google pun telah resmi memperkenalkan Android terbaru Ice Cream Sandwich.

Pengumuman versi terbaru dari Android ini diadakan di Hong Kong bertepatan dengan diperkenalkannya Samsung Galaxy Nexus yang menjadi perangkat pertama yang hadir dengan Android Ice Cream Sandwich terbaru dari Google itu.

Android 4.0 a.k.a Ice Cream Sandwich (ICS) merupakan kombinasi dari beberapa fitur yang tersedia dalam OS Android 3.0 khusus tablet dengan fitur smartphone Android versi 2.3 (Gingerbread). Dengan kombinasi itu, Android 4.0 sedianya bakal cocok untuk diadopsi, baik untuk smartphone maupun perangkat tablet.

Berikut beberapa fitur baru yang hadir di Ice Cream Sandwich.

Favorites
Sebuah tray Favorit disediakan bagi pengguna Android 4.0 di bagian bawah layar, yang dengan itu pengguna dapat ‘melemparkan’ folder atau link ke aplikasi yang memberikan pengguna akses mudah ke berbagai hal yang paling sering dilakukan.

Aplikasi Android Beam

Pengguna perangkat Android 4.0 akan dimanjakan dengan fitur terkini NFC yang memungkinkan bagi penggunanya untuk berbagi kontak, media, aplikasi, atau berbagai konten lainnya dengan pengguna lain dengan memanfaatkan aplikasi baru bernama “Android Beam”.

Pengenalan Wajah (Face Recognition)
Fasilitas terbaru dari OS Android 4.0 adalah adanya teknoloti pengenalan wajah yang menawarkan  kemampuan untuk membuka perangkat lewat pengenalan wajah penggunanya.

Roboto
Android 4.0 akan membawa ‘font’ baru dengan apa yang disebut Roboto. Interface ini dikembangkan dan dibuat khusus untuk menampilkan kepadatan layar yang tinggi.

Dengan user interface terbaru yang disebut ‘Roboto’, kegiatan seperti membuka telepon atau menu kamera, dan mengakses notifikasi dapat dilakukan meski layar dalam keadaan terkunci.

Tak Ada Lagi Tombol Fisik
Tombol navigasi fisik tidak lagi diperlukan dalam sistem operasi Android 4.0, dan sebagai gantinya adalah hadirnya tombol virtual yang tertanam dalam User Interface. Alahasil, Menu ‘back’, ‘home’, dan ‘menu’ kini menjadi bagian dari antarmuka.

Screenshot
Android 4.0 juga akan hadir dengan menawarkan cara termudah untuk mengambil screenshot. Untuk melakukannya, pengguna cukup menekan tombol power dan tombol volume bawah, dan hasilnya pengguna pun memperoleh foto layar dengan cepat..

Peningkatan pada Keyboard
Keyboard pada Android 4.0 juga telah mengalami perbaikan seperti pengecekan kata (spell), sistem copy dan paste yang lebih baik, serta peningkatan pada koreksi kesalahan.

Widgets
Google juga telah membenahi widget untuk Android 4.0. Di mana akhirnya fitur itu dapat discroll dan dapat dikembalikan ke ukuran semula, sesuatu yang telah lama dinanti para penggemar Android. Pengguna sekarang juga dapat melakukan drag dan drop widget mereka ke layar awal. Selain itu, untuk membuat folder yang berisi widgets pengguna hanya cukup melakukan drag dan drop satu widget di atas widget lainnya.

Browser
Browser pada ICS memiliki kemampuan untuk membuka sebanyak 16 tab berbeda pada satu waktu. Sementara menu drop-down memungkinkan pengguna untuk mendapatkan versi desktop dari sebuah situs, jika pengguna tak suka dengan versi mobile, misalnya.

Gmail
Gmail pada Android 4.0 juga telah dibenahi dan sekarang memiliki fitur dua baris preview untuk memberikan rasa yang lebih baik ketika digunakan. Sementara menu bar baru memungkikan penggunanya untuk akses cepat, seperti untuk membuat email atau mencari melalui Kotak Masuk.

Fitur Notifikasi Baru
Google juga telah memperbaiki fitur notifikasi untuk Android, yang dengan itu penggunya dapat mengabaikan notifikasi hanya dengan cara menggesernya.

Pengaturan Penggunaan Data
Google juga telah menerapkan sesuatu yang disebut Data Usage in the Settings yang akan memungkinkan pengguna untuk lebih melacak penggunaan data yang telah digunakannya. Pengguna juga dapat dapat memeriksa penggunaan data saat ini dan juga untuk memperkirakan berapa banyak data yang digunakan pengguna saat bulan berakhir. Fitur ini sangat berguna, terutama bagi pengguna yang kerap berlangganan data plan berkelanjutan.

Perubahan Besar pada Aplikasi Foto
Salah satu bagian paling menarik dari Ice Cream Sandwich adalah terdapatnya pilihan baru ketika mengambil gambar. Android 4.0 akan membawa fungsi editing foto terbaru yang mencakup menyesuaikan angle, touch up, remove red eye, dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa filter foto.

Aspek paling menarik walaupun hanya dalam modus panorama, di mana pengguna hanya mengklik sebuah tombol untuk memulai dan mengikuti instruksi on-board dan kemudian menyaksikan ponsel menciptakan panorama mengagumkan dari lingkungan Anda.

Contacts
Menu contact pada versi terbaru Android ini hadir dengan menawarkan fitur layaknya tata letak sebuah majalah yang dapat menampilkan foto dari semua teman kontak pengguna.

Pengguna juga akan mendapatkan status update status tentang kontak pengguna dari jejaring sosial yang dipilihnya.

About robyarwanto

My Self...

Posted on 8 November 2011, in Teknologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: